CMS (Content Management System)


adalah aplikasi komputer yang memungkinkan penerbitan , editing dan memodifikasi konten , pengorganisasian, menghapus serta pemeliharaan dari antarmuka utama. Sistem seperti dari manajemen konten menyediakan prosedur untuk mengelola alur kerja dalam lingkungan kolaboratif. Prosedur ini dapat langkah manual atau otomatis cascade. CMSS telah tersedia sejak akhir 1990-an.
CMSS sering digunakan untuk menjalankan website yang berisi blog , berita , dan belanja . Banyak situs perusahaan dan pemasaran menggunakan CMS. CMSS biasanya bertujuan untuk menghindari kebutuhan untuk Hand Coding, namun dapat mendukung untuk elemen tertentu atau seluruh halaman.

Fungsi dan penggunaan sistem manajemen konten adalah untuk menyimpan dan mengatur file, dan menyediakan akses terkontrol-versi data mereka. Fitur CMS bervariasi. Sistem sederhana menampilkan beberapa fitur, sementara rilis lainnya, terutama sistem perusahaan , menawarkan fungsi yang lebih kompleks dan kuat. Kebanyakan CMS termasuk penerbitan berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi ( kontrol versi ), pengindeksan, pencarian, dan pengambilan. CMS akan menambahkan nomor versi ketika update baru ditambahkan ke file yang sudah ada. Beberapa sistem manajemen konten juga mendukung pemisahan isi dan presentasi .
Sebuah CMS dapat berfungsi sebagai repositori pusat yang berisi dokumen, film, gambar, nomor telepon, data ilmiah. CMSS dapat digunakan untuk menyimpan, mengontrol, merevisi, semantik memperkaya dan dokumentasi penerbitan ..
Membedakan antara konsep dasar pengguna dan konten. Sistem manajemen konten (CMS) memiliki dua elemen:
  • Aplikasi manajemen konten (CMA) adalah front-end user interface yang memungkinkan pengguna, bahkan dengan keahlian yang terbatas, untuk menambah, memodifikasi dan menghapus konten dari situs Web tanpa campur tangan Webmaster.
  • Konten aplikasi pengiriman (CDA) mengkompilasi informasi dan update situs web.
Lihat juga: Daftar kerangka manajemen konten , sistem Web Template dan mesin Template (Web)

Web CMS

Sebuah sistem manajemen konten (Web CMS) adalah sebuah aplikasi dibundel atau berdiri sendiri untuk membuat, menyebarkan, mengelola dan menyimpan konten pada halaman web. Konten web termasuk teks dan grafis tertanam, foto, video, audio, dan kode (misalnya, untuk aplikasi) yang menampilkan konten atau berinteraksi dengan pengguna. Web CMS dapat katalog dan mengindeks konten, memilih atau merakit konten saat runtime, atau memberikan konten kepada pengunjung yang spesifik dengan cara yang diminta, seperti bahasa lain. Web CMS biasanya memudahkan kontrol klien atas berbasis HTML konten, file, dokumen, dan web hosting berdasarkan kedalaman sistem dan niche yang dilayaninya.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Admin
AUTHOR
January 27, 2024 at 6:49 PM delete

Dengan pemahaman yang jelas tentang kekurangan website CMS yang mungkin muncul, pengguna dapat membuat keputusan yang terinformasi dan mengelola website berbasis CMS mereka dengan lebih efektif.

Dengan memahami fungsi-fungsi website berbasis CMS, pemilik website dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk mencapai tujuan mereka dalam dunia digital yang terus berkembang.

Entitas dapat menikmati berbagai manfaat website berbasis CMS, mulai dari kemudahan pengelolaan konten hingga peningkatan keamanan. Keputusan untuk menggunakan CMS bukan hanya investasi dalam keberlanjutan teknologi, tetapi juga strategi untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja online.

Reply
avatar