Membuat Radio Server dengan Mixxx dan Icecast



 Icecast adalah sebuah program yang digunakan untuk streaming audioseperti musik di dalam jaringan. Berbagai jenis klien terhubung ke server Icecast,baik untuk memberikan "mount point", mengontrol serveratau mendengarkanaudio menjadi corIcecast memiliki dukungan untuk streaming audio stream secara bersamaan banyak - setiap aliran memiliki "mount point" yang klien dapat mengaksesbiasanya melalui uri jaringan
           
             Icecast dirilis sebagai perangkat lunak bebas dikelola oleh Xiph.org Foundation. Hal ini juga mengacu khusus untuk program server yang merupakan bagian dari proyek . Icecast diciptakan pada bulan Desember 1999 oleh Jack 1998/January Moffitt dan Barath Raghavan untuk menyediakan open source streaming audio server yang siapa pun bisa memodifikasi , menggunakan, dan bermain-main dengan . Alexander Haväng juga salah satu arsitek utama dari produk ini . Version 2 dimulai pada tahun 2001 , menulis ulang tanah-up yang bertujuan untuk dukungan multi-format ( awalnya menargetkan Ogg Vorbis ) dan skalabilitas.


           Ices2 dapat membaca data audio dari disk ( Ogg Vorbis file ) , atau live audio sampel dari kartu suara dan menyalinnya dengan cepat. Ices2 juga dapat membaca dari berbagai sumber dan mengirim data audio ke server icecast2.

 Ices2 mendukung Ogg Vorbis file saja, jadi jika Anda memiliki . Mp3 file yang ingin Anda streaming Anda harus mengkonversikannya ke . Ogg . ( Dalam versi sebelumnya Ices mendukung file MP3 juga, namun dukungan ini menyerah karena MP3 adalah teknologi encoding dipatenkan dan kepemilikan sedangkan Ogg Vorbis adalah audio teknologi encoding terbuka dan bebas paten.


Saya menginstall icecast2 pada komputer server namun saya tidak menginstall icecast tersebut secara langsung pada komputer server melainkan melalui komputer saya dengan meremote komputer server tersebut.

Berikut langkah - langkah untuk menginstall Icecast :
=> Kita meremote komputer server dengan perintah :
      -> ssh root@alamat.ip.server

=> Kita install icecast2 dengan perintah :
      -> apt-get install icecast2

      
    
      -> Aturlah Configuring Icecast
          -> isilah sesuai yang kita inginkan










=> Di sini kita harus mengubah password di <authentication> ... <authentication>bagian. Sumber password adalah password yang Ices2 nantinya akan digunakan untuk menyambung ke icecast2admin password adalah password yang adminakan digunakan dalam antarmuka web icecast2 itu, icecast tidak akan menggunakan relay-password, tapi  kita tetap harus mengubah itu
      Ketikan perintah :
      ->  vi /etc/icecast2/icecast.xml
      -> Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.    



 => Setelah itu kita juga akan mengatur ENABLE menjadi TRUE dengan perintah :
      -> vi /etc/default/icecast2

=> Kita akan memulai Icecastnya dengan perintah:
      -> /etc/init.d/icecast2 start
=> Setelah kita memulai Icecastnya, kita buka browser lalu ketikan ip server dengan portnya.
      contoh : 192.168.12.200:8000








                Ice Cast 
                Streaming dengan Icecast 
                Install Radio Server

Previous
Next Post »