Cara Memodifikasi Terminal Linux


Disini saya akan menjelaskan bagaimana kita memodifikasi terminal kita. Disini saya menggunakan Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Thar. Langkah yang pertama untuk memodifikasi Terminal kita adalah membuat teks yang unik untuk di jadikan modifikasi terminal kita, disini saya menggunakan http://www.network-science.de/ascii/ untuk membuat teks yang unik.


Disini saya menggunakan tulisan Kuro Neko. Setelah itu Copy kan Teks unik tadi dan masukkan ke gedit dengan mengetikkan perintah di terminal

sudo gedit

setelah itu paste kan teks unik tadi ke gedit dan simpan dimana saja. tapi harus ingat direktori file teks unik tadi di simpan karena kita akan menggunakannya untuk memasukkan di terminal. Disini saya menyimpan file teks unik tadi dengan nama terminal.txt dan disimpan di /home/fathialghazi/Downloads
fathialghazi adalah nama user komputer

Setelah di simpan langkah selanjutnya adalah memasukkan file teks unik tadi ke dalam terminal. Masukkan perintah ke dalam terminal.

sudo gedit /etc/bash.bashrc

Lalu pada baris terakhir masukkan direktori tempat kita menyimpan file teks unik tadi. karena disini saya menyimpan file di /home/fathialghazi/Downloads/terminal.txt maka tambahkan perintah di gedit tadi seperti dibawah ini

cat /home/fathialghazi/Downloads/terminal.txt

Setelah itu save dan keluar dari teks editor gedit tadi, lalu exit terminal dan buka lagi terminal..
Terminal telah di modifikasi!!!


Semoga Bermanfaat :)

Previous
Next Post »