Cara Mendapatkan Inspirasi Untuk Desain Anda

Inspirasi adalah salah satu masalah yang dihadapi para desainer. kadang-kadang inspirasi mendatangkan berkah dan kadang juga inspirasi tidak bisa keluar sama sekali. kali ini saya akan memberikan tips bagi anda untuk mendapatkan inspirasi. Monggo disimak :)


1. Googling
Google adalah menu wajib yang harus kita buka ketika sedang browsing. Kita bisa memanfaatkan google untuk mencari website atau portofolio desainer lain  misalnya behance.net, shutterstock, webneel, 99Designs dll. Tidak masalah jika seorang desainer melihat karya orang lain untuk menjadikan inspirasi, yang menjadi persoalan adalah meniru persis karya orang lain. Carilah desain yang berhubungan dengan kebutuhan anda yang bisa menjadikan sumber ide.

2. Sketsa
Setelah kita mendapatkan brief dari klien cobalah untuk membuat sketsa, ambil kertas dan pensil buatlah beberapa konsep (oret-oreatan) sesuai dengan permintaan klien, cara seperti ini sering di pakai oleh beberapa teman termasuk saya sendiri untuk mendapatkan ide yang original.

3. Rileks
Sangat tidak mungkin jika anda dalam keadaan stress, terlalu capek atau pusing bisa mendapatkan ide yang baik. Cobalah untuk sedikit santai atau rileks agar membuat pikiran anda fresh dan segar lagi.

4. Berdiskusi
Cara yang sering saya lakukan adalah berdiskusi bersama teman yang paham dengan desain, dengan berdiskusi sambil ngopi kita bisa bertukar pikiran dan hasilnya bisa mendapatkan ide-ide baru

5. Buka portofolio anda
Sebagai desainer tentu saja anda pernah membuat beberapa karya desain cobalah untuk membuka karya anda lagi, anda bisa mengembangkan konsep desain yang pernah anda buat untuk menghasilkan sebuah karya desain yang baru.

6. Ruang kerja
Jika anda masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan ide, cobalah untuk menata ulang ruang kerja anda, saya pikir ruang kerja berpengaruh dengan hasil kerja kita. Dengan tempat kerja yang nyaman kita akan mudah mendapatkan ide segar.

7. Kerja di malam hari
Membuat suatu karya desain dibutuhkan ketenangan untuk mendapatkan karya yang maksimal. Saya telah mencoba untuk men-survey beberapa teman di komunitas desain dan hasilnya memang mereka bekerja di malam hari karena ide selalu muncul di waktu malam. Saya pikir anda perlu mencobanya.

Demikian uraian singkat 7 Cara mendapatkan ide untuk membuat desain, jika ada kritik dan saran silahkan komentar di bawah. Terima kasih

Sumber : http://www.belajar-desain.com/2015/05/7-cara-mendapatkan-ide-membuat-desain.html


Semoga Bermanfaat semua :)
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
February 4, 2019 at 7:59 PM delete

ya memang seperti ini buat referensi orang desain
kerja keras dan kerja cerdas

Reply
avatar